Selasa, 01 Desember 2015

PEREMPUAN KIDAL BERUMUR LEBIH PENDEK

  Perempuan bertangan kidal memiliki resiko lebih besar untuk meninggal, akibat terserang penyakit kanker dan cerebrovascular, suatu kerasakan pada pembuluh darah di otak dan pembuluh darah yang memasok darah ke otak. Meskipun itu dapat menjadi temuan yang menyimpang di mana peluang dan buktinya jauh dari kesimpulan Banyak laporan telah menghubungkan kondisi kidal dengan bermacam gangguan yang ada pada umumnya mengakibatkan masa hidup menjadi lebih singkat, kata beberapa peniliti belanda dalam laporan mereka di jurnal Epimology.
   Dr,made K.Ramadhani dan rekannya di University Medical Center Utracht. Sebanyak 1dalam 10 orang diperkirakan bertangan kidal.
  Ketika perempuan bertangan kidal dibandingkan dengan perempuan lain dan datanya disesuaikan untuk mengetahui jumlah faktor yang berpotensi mengakibatkan kematian, perempuan bertangan kidal memiliki resiko 40% Lebih tinggi untuk meninggal akibat apa saja, 70% lebih tinggi akibat kanker, dan 30% lebih tinggi akibat penyakit sistem peredaran darah.
  Bahkan perempuan bertangan kidal juga menghadapi resiko dua kali lebih besar untuk meninggal akibat kanker payudara, resiko ini hampir 5 kali lipat dari untuk meninggal akibat kanker colorectal, dan beresiko lebih dari 3kali lipat untuk meninggal akibat cerebrovascular.
  Kebanyakan penelitian mengenai orang bertangan bertangan kidal itu dan angka kematian telah dipicu oleh dugaan bahwa orang yang bertangan kidal tersebut disebabkan oleh penghinaan yang dialami sang ibu selama menjelang kelahiran,yang akhirnya mengarah kepada kematian dini.
  penulis suatu komentar,Dr,Olga Basso, yang bertangan kidal, sangat ragu dengan hasil penelitian yang mengaitkan kondisi kekidalan dengan penyakit dan kematian :

  "saya tidak sendiri dalam berpendapat bahwa literatur mengenai kondisi bertangan kidal dikumpulkan dari sejumlah penyakit, tak peduli penyakit yang diduga terlihat pada mereka yang bertangan kidal."

 smga blog saya bermanffat untuk para pembaca :D
ref: Aulia Fadli (pengaruh tangan kiri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar