Senin, 07 Desember 2015

OPTIMALKAN KIRI-KANAN | Untuk anak kidal

   Sebenarnya hampir semua anak kidal di indonesia dilatih untuk menggunakan tangan kanannya. Walaupun hanya untuk hal-hal yang sederhana seperti bersalaman, makan, dan kegiatan lainnya. Jadi secara tidak langsung orang tua telah melatih anak untuk menggunakan tangan kanannya selain tangan kirinya.
  Bila orang tua ingin melatih anaknya melakukan hal lain yang lebih rumit, ada beberapa langkah pengajaran yang disarankan oleh Louise M.M.Psi. seperti berikut :

  1. mengulangi dengan tangan kanan.
      Bila anak melakukan suatu aktivitas menggunakan tangan kirinya, mintalah ia mengulangi kegiatan yang sama menggunakan tangan kanannya. ingat mintalah dengan lembut, contoh "Wah, Adek pintarnya sudah mau berbagi kue dengan mamah. Tp akan lebih pintar lagi kalau adek mau ngasih kuenya dengan tangan satunya, tangan kanan.Coba lagi ya?
     
  2. Latihan dari hal sederhana
      Untuk melatih tangan kanannya mulailah dari hal yang sederhana. misal seperti saat belajar makan sendiri, berikan sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri, atau latih anak untuk membuka dan mengancingkan bajunya, jika tangan kirinya melakukannya, orang tua harus terus mengajarinya melakukan hal yang sama dengan tangan kanan. Sekali lagi, Jangan dengan paksaan, karna memang hal tersebut dibutuhkan kesabaran yang tinggi.
  3. Jangan merintah dengan nada tinggi
      Ketika meminta anak belajar menggunakan tangan kanannya, jangan pernah menggunakan nada yang tinggi, seperti meng hardik. "Apa-apaan nih, makan kok pakai tangan jelek! Mamah khan sudah bilang kalau makan pakai tangan kanan!."
     Hal tersebut hanya akan membuat anak anda tertekan, merasa dipaksa dan akhirnya tidak mau belajar menggunakan tangan kanannya. Kalaupun tetap ia lakukan tentu hasilnya tidak maksimal.
  4. Tumbuhkan Motivasi pada anak
      Tumbuhkan motivasi dalam diri anak supaya mau berlatih menggunakan tangan kanannya.
    kalau adek bisa menggunakan tangan kanan dan tangan kirinya pasti enak deh, kalo tangan kiri adek capek habis buat gambar adek masih bisa menggunakan tangan kanan adek untuk meneruskan menggambarnya atau untuk hal yang lain, uhh sungguh menyenangkan pasti.
  5. Latihan menggambar dan mewarnai
      Biasanya anak berusia 2 tahun atau lebih sudah mulai tertarik membuat coretan, yapss seperti menggambar atau mewarnai.
    Saat anak menggambar atau mewarnai, alangkah baiknya di biarkan saja jika ia menggunakan tangan kirinya. Namun anda juga jangan lupa untuk sesekali meminta supaya dia menggunakan tangan kanannya. "Coba deh, kalau tangan kanannya yang di gunakan bisa enggak ya? Garisnya juga lebih bagus ya kalau pakai tangan kanan?"


    Hal seperti di atas membutuhkan Proses dan Sangat membutuhkan kesabaran dari anda, saya sendiri mengalami hal tersebut, karna adek saya juga lebih terampil menggunakan tangan kiri nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar